Kamis, 06 Juni 2013

ASAL MULA SEKATEN


Mendengar kata "Sekaten" tentu sebagian besar kita membayangkan keramaian pasar malam selama sebulan menjelang Maulud di kota Yogyakarta dan Solo. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, karena rangkaian sekaten dimulai dari Upacara Miyos Gangsa Sekaten sampai grebeg sekaten. Upacara Miyos Gangsa Sekaten sendiri adalah upacara keluarnya gamelan sekaten  dari tempat penyimpanannya untuk disemayanmkan di Bangsal Pancaniti dan kemudian dipindahkan ke Masjid Gedhe. Pada postingan ini, saya hanya akan membahas mengenai asal mula sekaten. 

Grebed sekaten
Upacara Grebeg Sekaten

Sekaten merupakan salah satu tradisi yang masih bertahan di kota Yogyakarta dan Solo hingga sekarang. Tetapi apakah semua orang yang pernah mengunjungi sekaten tahu makna di balik kata sekaten ?. Kata sekaten berasal dari beberapa kata yang sarat makna, yaitu :
1.   Syahadatain, yaitu kalimat shahadat yang merupakan suatu kalimat yang harus dibaca oleh seseorang untuk masuk Islam, yang mempunyai arti: Tiada Tuhan  selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah.
2. Sahutain, menghentikan atau menghindari perkara dua, yakni sifat lacur dan menyeleweng;
3.    Sakhatain: menghilangkan perkara dua, yaitu watak hewan dan sifat setan, karena watak tersebut sumber kerusakan;
4.    Sakhotain: menanamkan perkara dua, yaitu selalu memelihara budi suci atau budi luhur dan selalu menghambakan diri pada Tuhan;
5.   Sekati: menimbang, orang hidup harus bisa menimbang atau menilai hal-hal yang baik dan buruk; dan
6.   Sekat: batas, orang hidup harus membatasi diri  untuk tidak berbuat jahat serta tahu batas-batas kebaikan dan kejahatan.
Dari manakah asal mula sekaten, dan siapa yang memulainya ? Sejarah sekaten dimulai dari Kerajaan Demak pada masa pemerintahan Raden Patah. Raden Patah sebagai raja pertama berniat menghapus segala bentuk upacara keagamaan yang sudah ada sebelumnya salah satunya adalah upacara pengorbanan raja,  dengan harapan masyarakat Jawa dapat memeluk agama Islam secara sempurna dan "kafah" serta terlepas dari pengaruh anminisme dan Hindu.  Namun upaya tersebut ternyata tidak membawa hasil seperti dengan yang diharapkan, justrumenimbulkan keresahan di kalangan rakyat, sebab rakyat sudah berabad-abad terbiasa hidup dengan adat dari kepercayaan lama. Keresahan yang menimbulkan gangguan keamanan negara itu, masih ditambah dengan musibah lain, yaitu berjangkitnya wabah penyakit menular.
Atas saran Wali Songo, upacara pengorbanan raja itu dihidupkan kembali, namun diberi warna keislaman. Hewan kurban disembelih menurut peraturan agama Islam. Awal dan akhir doa selamatan, berupa doa Islam yang dipanjatkan oleh Sunan Giri dan Sunan Bonang. Maka setelah kerajaan menyelenggarakan upacara kurban itu, tak berapa lama kemudian menghilanglah wabah penyakit menular, dan ketenteraman pulih kembali. Sesudah aman tenteram dan makmur, para Wali Songo menggiatkan usaha untuk mensyiarkan agama Islam di kalangan rakyat. Untuk mendukung syiar Islam tersebut, maka didirikanlah Masjid Besar sebagai pusat peribadatan umum. Menurut candrasengkala yang berbunyi geni mati siniram ing janmi, Masjid Besar itu selesai pembangunannya pada tahun 1408.
Meski telah ada Masjid Besar dan para Wali Songo giat berdakwah, penyebaran agama Islam tidak banyak mengalami kemajuan. Jumlah para santri masih sangat sedikit. Sebagian besar rakyat terutama masyarakat pedesaan, masih enggan untuk mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai pemyataan memeluk agama Islam. Maka para Wali Songo lalu bermusyawarah. Mereka sependapat bahwa untuk menginsyafkan rakyat dan kebenaran ajaran agama Islam, haruslah dilakukan secara bertahap dan dengan penuh kearifan. Bersikap sopan-santun, ramah-tamah dalam berdakwah, dan tanpa mencela adat serta unsur-unsur kebudayaan rakyat,  bahkan memanfaatkan unsur-unsur kebudayaan rakyat sebagai sarana dakwah, terutama dengan memanfaatkan bahasa, adat-istiadat dan kesenian rakyat.
Sunan Kalijogo mengetahui bahwa rakyat menyukai perayaan, keramaian yang dihubungkan dengan upacara-upacara keagamaan. Apalagi jika perayaan, keramaian itu disertai irama gamelan, tentu akan sangat menarik perhatian rakyat untuk datang menghadiri. Timbullah gagasan Sunan Kalijogo agar kerajaan menyelenggarakan perayaan, keramaian setiap menyongsong hari kelahiran Nabi Muhammad saw, pada bulan Rabiulawal. Untuk menarik perhatian rakyat agar mau rnasuk ke Masjid Besar, dibunyikanlah gamelan yang ditempatkan di halaman masjid. Para Wali dapat berdakwah langsung di hadapan rakyat.
Meski membunyikan gamelan di halaman masjid itu dapat ditafsirkan sebagai makruh, namun demi kelancaran syiar Islam, gagasan Sunan Kalijogo itu diterima majelis Wali Songo. Sultan pun menyetujui pelaksanaan gagasan Sunan Kalijogo. Maka dalam bulan Rabiulawal, seminggu sebelum hari kelahiran nabi, diselenggarakanlah perayaan, keramaian yang disebut sekaten. Di halaman Masjid Besar didirikan tempat khusus untuk menaruh dan membunyikan gamelan, disebut pogongon. Makna pagongan adalah tempat gong (gamelan) yang dibuat oleh Sunan Giri. Konon, sebagian dari gendhing-gendhing (lagu) gamelan dicipta oleh Sunan Giri pula dan sebagian lagl olen Sunan Kalijogo. Selama satu minggu gamelan diperdengarkan terus-menerus, kecuali pada waktu-waktu sholat dan pada malam Jumat sampai lewat sholat Jumat.
Untuk lebih menarik simpati rakyat, pada malam menjelang hari kelahiran nabi yang bertepatan dengan tanggal 12 bulan Rabiulawal, sultan berkenan mengikuti upacara keagarnaan di Masjid Besar. Sultan keluar dari keraton diiring (bahasa Jawa ginarebeg) para putra dan segenap pembesar kerajaan. Selepas sholat Isya, sultan dan para pengiringnya duduk di serambi masjid untuk mendengarkan riwayat hidup nabi yang diuraikan oleh para wali disusul dengan selawatan. Baru pada tengah malam, sultan dan para pengiringnya kembali ke keraton. Gamelan yang selama seminggu ditaruh dan dibunyikan di halaman Masjid Besar, juga di bawa ke kraton sebagai tanda berakhirnya perasaan, keramaian sekaten dan upacara peringatan hari kelahiran nabi.
Upacara sekaten kemudian dilestarikan sebagian bagian dari tradisi kerajaan dan masih dipertahankan oleh kraton Yogyakarta dan Solo. Bagi teman-teman yang ingin melihat perayaan tradisi sekaten, akan lebih baik untuk mengetahui urutan upacara yang dilakukan dalam tradisi sekaten, termasuk tempat dan waktunya. Tapi kalau diungkapkan dalam postingan ini akan terlalu panjang, jadi akan dituliskan dalam postingan selanjutnya. Ditunggu ya …

Berbagi Informasi
Berbagi Informasi Updated at: Kamis, Juni 06, 2013

14 komentar:

  1. saya sing liat beritanya, tapi baru tahu sejarahnya disini, makasih mas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, terima kasih kunjungannya, filosofinya menarik dan salah satu inti acaranya adalah pembacaan riwayat Nabi Muhammad saw ..

      Hapus
  2. .. wachhhh,, begitu ternyata. he..86x. tenkz ya maz?!? namun,, kalo masjidnya untuk sekarang ini gimana?!? kok gak ada fotonya sich maz?!? aq kan pengen tw. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. masjidnya masih tetap di barat alun2 ... he he he
      Ya besok2 lagi tak kasih gambar masjid Gede ...

      Hapus
  3. luar biasa ternyta sejarah saketan itu ya mas, tapi apakah masyarakat jogyakarta tahu akan sejarah itu, kalau tidak tahu alangkah disayangkan ya :D

    BalasHapus
  4. Yuk liat juga tradisi unik yang lain di https://shavainistia.wordpress.com/2016/07/01/tradisi-lompat-batu-suku-nias/

    BalasHapus
  5. Trimakasih mas, pencerahan yang sangat baik ....

    BalasHapus
  6. buka websitenya hotelbhinneka.com untuk mencari hotel dekat maliobor dengan harga murah

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat bagi saya mas,pecinta budaya

    BalasHapus
  8. informasi menarik, komentar balik ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima Kasih Atas Kunjungannya
Harap berkomentar yang santun
dan tidak ada unsur SARA dan pornografi
Maaf, komentar dengan link aktif akan dihapus